Menjaga kualitas makanan hewan kesayangan

Mencari makanan hewan (pet food) yang cocok untuk anjing atau kucing kesayangan saja sudah cukup bikin pusing, apa lagi kalau kemudian makanan yang disimpan enggak lama rusak. Apalagi kalau ternyata hewan peliharaan kalian adalah burung dan distributor makanan burung tidak ada di kota tempat tinggal kalian. Banyak juga terjadi bagi kalian penyuka ikan. Hikari Aquatic Indonesia merupakan makanan ikan dengan kualitas bagus. Bukan hanya membuang uang, tapi juga bisa mengancam kesehatan sahabat berbulu kita. Makanan hewan yang terbaik sekalipun seperti Brit Indonesia kalau cara menyimpannya salah, tetap akan rusak lantaran ditumbuhi jamur, bakteri atau malah dimakan tikus. Nah, supaya enggak sia-sia, begini lima cara menyimpan makanan yang benar.

1. Simpankibbledi dalam wadah/toples kedap udara

Mungkin kamu lebih senang menyimpankibble(makanan kering) di dalam toples karena lebih praktis. Tapi jangan buang plastik kemasannya! Sebaiknya simpankibbledi dalam toples kedap udara bersamaan dengan plastik kemasannya. Tahukah kamu? Plastik kemasan fungsinya untuk mencegah makanan menjadi tengik karena lembap. Ditambah lagi kalau ternyata nanti ada masalah dengan makanannya, kita akan memerlukan informasi yang terdapat pada kemasan. Jadi, ketika kemasan sudah dibuka, gulung bagian bukaannya, gunakan penjepit kertas, lalu simpan di dalam toples.

2. Jangan mencampurkibblelama dan baru

Mungkin kita tergoda untuk mencampurkibbleyang sudah tinggal sedikit dengankibblebaru. Jangan lakukan itu. Bisa jadikibbleyang sudah tinggal sedikit itu nyaris melewatiexpiry dateatau sudah mulai ditumbuhi jamur dan bakteri sehingga mengontaminasikibblebaru.

3. Simpan makanan basah dalam toples

Makanan basah yang belum terbuka biasanya punya daya simpan lama di dalam kaleng kemasannya. Kalau makanan basah sudah terbuka dan sebagian sudah dimakan oleh anjing atau kucing kita, pindahkan bagian yang masih utuh ke toples yang kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas. Biasanya cara peyimpanan ini bisa bertahan hingga 5 hari.

4. Ingat 3 elemen yang membuat makanan rusak

Elemen pertama adalah udara. Makanan yang terekspos udara artinya terekspos bakteri. Oleh karena itu, jaga tempat penyimpanan (toples, misalnya) tertutup rapat. Kedua adalah kelembapan yang berlebih memicu tumbuhnya jamur. Ketiga adalah suhu. Jangan simpan tempat penyimpanan makanan di tempat yang panas atau area terbuka yang memungkinkan suhu naik tanpa kendali dan terekspos sinar matahari. Sebaiknya simpan tempat penyimpanan di lokasi yang kering, misalnya di dapur.

5. Sediakan selalu yang fresh

Pastikan kita selalu menyediakan makanan yang fresh untuk sahabat berbulu kesayangan.Enggak perlu khawatir kehabisan makanan hewan peliharaanmu, sekarang adalayanan berlangganan makanan hewan peliharaanloh! Kamu bisa pesan sesuai kebutuhan dan bakal diantar setiap bulan ke tempatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *